Sentra Batik Paoman

Daerah pembatikan di Kabupaten Indramayu terletak pada dua wilayah Kecamatan, yaitu di Kecamatan Indramayu adalah di Kelurahan Paoman dan Desa Pabean Udik sedangkan di wilayah Kecamatan Sindang adalah di desa Penganjang, desa Babadan dan Desa Terusan. 
Salah satu sentra batik di Indramayu adalah Paoman.
Motif batik Indramayu disusun sangat dinamis, ritmis, dan gaya perpaduan dengan motif berbagai pengaruh diantaranya adalah pengaruh dari kebudayaan China. Ciri yang pada batik Indramayu adalah langgam flora dan fauna yang diungkap secara datar, banyak bentuk lengkung dan garis yang meruncing (ririan), berlatar putih dan warna gelap, dan banyak titik yang dibuat dengan teknik cocohan jarum, serta bentuk isen-isen (sawut) yang berbentuk pendek dan terkesan kaku.
Sentra batik merupakan sentra industri unggulan yang perlu untuk dikembangkan, terutama yang menyangkut hal-hal sebagai berikut:
  • Batik Indramayu mempunyai ciri khas tersendiri dari jenis ragam hias / motifnya yang sangt berbeda dengan batik dari daerah lain.
  • Sentra batik terletak di dalam kota Indramayu, mudah dijangkau dan bisa dijadikan sebagai daerah / sentra wisata industri.
  • Kebijkan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu terhadap kerajinan batik telah menciptakan iklim usaha yang kondusif.
  • Diversifikasi pembuatan batik melalui media kayu dan bambu, batik printing dan batik cap.

0 komentar: